Kelebihan Progressive Web App dan Kekurangannya

Kelebihan Progressive Web AppMembangun Progressive Web Apps (PWA) memiliki manfaat yang luar biasa, website Anda dapat diinstal pada mobile devices dan dijalankan secara offline. Selain itu, ServiceWorker sebagai salah satu komponen PWA dapat membantu meringankan traffic transaksi hingga 84% pada website Anda.

Dengan menerapkan PWA, website Anda dapat menggunakan fitur push notification yang dapat menarik konsumen untuk kembali mengunjungi website Anda. Penerapan PWA sudah terbukti membantu AliExpress, bagian dari Alibaba Group, dalam meningkatkan konversi untuk pengguna baru di semua browser sebesar 104% dan di iOS sebesar 82%.

Kelebihan Progressive Web App dan Kekurangannya

Seperti teknologi lain PWA juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh PWA.

Kelebihan Progressive Web App

PWA adalah web sehingga tidak memerlukan pemasangan

Berbeda dengan aplikasi mobile native yang mana pengguna harus mengunduh dan memasang berkas .apk atau .ipa sebelum bisa digunakan, pogressive web apps bisa dipakai tanpa mengunduh atau memasang berkas apapun. Meskipun begitu, jika ingin kita juga tetap bisa memasang PWA agar tampil di homescreen.

Tidak memerlukan install update

Saat programmer memperbaiki sebuah fitur atau menambah fitur baru di aplikasi mobile native, pengguna harus mengunduh berkas .apk atau .ipa yang baru agar bisa mendapatkan update yang dikirim. Dengan PWA, pengguna bisa mendapatkan update terbaru tanpa perlu mengunduh berkas apapun. Karena PWA adalah web, maka untuk mendapatkan update baru pengguna cukup me-refresh aplikasi tersebut.

Tidak perlu didistribusikan melalui Store

Google Play Store pada bulan Maret 2018 sudah memiliki lebih dari 3.3 juta aplikasi. Membuat aplikasi baru yang bersaing dengan 3.3 juta aplikasi bukan pekerjaan yang mudah. Beruntung aplikasi PWA tidak perlu didistribusikan lewat Store. Pengguna cukup mengunjungi website utama untuk kemudian bisa memanfaatkan penerapan teknologi yang sudah dilakukan oleh developer.

Bisa memanfaatkan fitur native

Meski integrasinya tidak sesempurna aplikasi mobile native, PWA bisa berkomunikasi dengan perangkat keras yang dimiliki oleh smartphone. Situs https://whatwebcando.today/ akan memberikan gambaran apa saja fitur-fitur perangkat keras yang sudah bisa dipakai.

Kelebihan Progressive Web App dan Fitur Mobile Native Yang Sudah Didukung Progressive Web App

Bisa membuka halaman manapun lewat tautan

Sekali lagi, karena PWA (Progressive Web App) merupakan web, maka setiap halaman bisa dibuka dari mana saja, lewat sebuah tautan. seperti layaknya website biasa. Di aplikasi mobile native, kita harus melalui alur navigasi yang telah didesain dan tidak bisa memuat halaman manapun secara sembarang.

Bersifat universal

Mendistribusikan aplikasi melalui Store harus mengikuti aturan-aturan yang diterapkan oleh pengelolanya. Dengan PWA, kita sebagai developer lah yang mengatur sendiri distribusi aplikasi.

Mengurangi penggunaan data

Website e-commerce Konga, berhasil mengurangi penggunaan data sebesar 92% untuk initial load dibandingkan dengan aplikasi mobile native. Dengan pengurangan beban data yang besar artinya pengguna bisa memuat halaman yang diinginkan lebih cepat dan lebih hemat. Kelebihan ini akan sangat berguna di daerah dengan koneksi Internet yang lambat.

Kekurangan Progressive Web App

Masih ada fitur native yang belum bisa dimanfaatkan PWA

Pada pembahasan kelebihan PWA, kita melihat bahwa banyak fitur native yang sudah bisa dimanfaatkan melalui PWA. Akan tetapi, masih ada beberapa fitur penting yang belum bisa dipakai. Mayoritasnya berkaitan dengan masalah keamanan diantaranya aplikasi kontak, sms, telepon, kalender, bookmark, alarm, pengunci layar, NFC, Bluetooth, dsb.

Belum mendukung semua browser

Untuk saat ini baru Google Chrome, Firefox, Opera, dan browser Android Samsung yang bisa memanfaatkan seluruh teknologi PWA, sedangkan browser lain seperti Internet Explorer, Safari, Edge dan browser-browser lainnya belum mengimplementasi keseluruhan fitur PWA.

Tidak tersedia lewat aplikasi Store

Poin ini memang bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan PWA. Kelebihannya sudah kita bahas di atas yaitu pengguna tidak perlu mengunduh lewat aplikasi Store dan tidak perlu bersaing dengan jutaan aplikasi lain. Pengguna tidak mengunduh aplikasi lewat Store. Maka yang kita harus bisa adalah membawa user tersebut ke beranda website. Kita juga tidak bisa memanfaatkan fitur promosi yang ditawarkan oleh Store tersebut.

Demikian artikel tentang, Kelebihan Progressive Web App dan Kekurangannya. Semoga bermanfaat dan nantikan arikel selanjutnya.

Add Comment