Ade Roni Information Technology Enthusiast, akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang teknologi, programming dan blogging.

5 Tips Lulus Seleksi Tes CPNS 2019

3 min read

Tips Sukses Lulus Seleksi Tes CPNS 2019

Tips Lulus Seleksi Tes CPNS – Dari tahun ketahun seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) selalu dinanti dan ditunggu-tunggu oleh setiap warga negara Indonesia. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali tak besar. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang hanya beberapa orang saja yang lulus dan diterima.

Persaingannya sangat ketat, terlebih mereka rela antri berjam-jam hingga tes potensi akademik pun diikuti dengan sangat antusias oleh jutaan pelamar, yang rata-rata usia mereka masih berusia produktif.

Untuk lolos tes CPNS dan diterima sebagai PNS bukanlah perkara mudah, bahkan sebagian besar orang menilai ada faktor rezeki dan takdir untuk masuk dan diterima untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Peluang lolos untuk diterima sebagai PNS dari tahun ke tahun sangatlah kecil, bahkan semakin bertambah kecil sekarang ini. Karena kuota kursi PNS dengan jumlah pelamarnya tidaklah sebanding karena lebih besar, dan semakin tahun bertambah semakin besar.

Namun sampai saat ini profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS), masih menjadi dambaan banyak orang. Bukan tanpa alasan, mereka yang bertugas di pemerintahan, masih dipandang dan dianggap lebih sejahtera, serta memiliki strata sosial yang lebih tinggi, meskipun dari segi finansial atau gaji pokok sebenarnya tidaklah terlalu besar.

Jika Anda merupakan salah satu yang sangat ingin menjadi PNS, tentu Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Pastikan semua persyaratan sudah Anda penuhi dan kelengkapan administrasi sudah Anda lengkapi sejak jauh-jauh hari, karena beberapa dokumen memerlukan waktu pengerjaan yang agak lama. Setelah itu, kamu wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin selama 1-2 bulan penuh sebelum tes dilaksanakan.

Bagi Anda yang berniat mencoba tes CPNS tahun ini, berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui agar sukses lolos tes CPNS :

1# Pastikan Instansi, Formasi & Administrasi Sesuai

Mempelajari instansi dan formasi yang akan Anda lamar adalah hal yang penting. Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, setiap instansi mempunyai komposisi soal yang berbeda. Misalnya, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Agama.

Selain itu, sebelum menentukan formasi, Anda harus mempertimbangkan dengan matang apakah Anda ingin bersaing di tingkat kementriaan, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten dan kota.

Perlu Anda pertimbangkan bahwa pendaftar tingkat kementerian cenderung lebih tangguh dibandingkan dengan tingkat yang lebih rendah. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan lebih matang. Untuk memperbesar peluang lolos seleksi, pertimbangkan untuk memilih formasi di tingkat pemerintah daerah.

Selanjutnya, Anda bisa mencari tahu tentang tes CPNS instansi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya kamu memilih instansi yang sesuai dengan minat Anda atau selaras dengan jurusan saat Anda kuliah agar peluang lulus tes CPNS lebih besar.

Kesempatan lolos sebagai PNS juga lebih besar jika Anda memilih posisi yang memiliki formasi banyak. Jika Anda ingin melihat peluang yang lebih tinggi, jangan terburu-buru untuk daftar. Lebih baik tunggu dulu sampai BKN merilis grafik pendaftar.

Jumlah Pendaftar CPNS 2019
Jumlah Pendaftar CPNS 2019 – Sumber : facebook.com/BKNgoid

Rincian jumlah pendaftar setiap lembaga/kementerian bisa dilihat di tengah-tengah masa pendaftaran. Dari informasi itu Anda bisa melihat peta persaingan dari perbandingan jumlah pelamar dan alokasi formasi.

Untuk melihat jumlah pendaftar formasi dari instansi yang Anda lamar bisa akses https://sscndata.bkn.go.id/spf

Selain masalah instansi dan formasi, perhatikan juga administrasinya benar-benar. Banyak peserta tidak lolos karena administrasi yang sepele. Misalnya, latar warna foto dan soal penempelan materai di surat adalah sekian masalah administrasi yang perlu diperhatikan.

Agar bisa menghindari kecerobohan dalam hal ini, sangat disarankan agar Anda membaca persyaratan dengan benar-benar teliti karena setiap lembaga, instansi atau kementerian bisa berbeda syarat-syaratnya.

2# Pelajari Soal Tes CPNS

Belajar mengerjakan soal-soal tes CPNS merupakan hal yang penting, karena dengan belajar, peserta akan terlatih untuk mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, soal-soal CPNS biasanya memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Untuk persiapan tes SKD, Anda bisa belajar dari buku-buku dan e-book yang beredar dipasaran. Setelah belajar, Anda bisa mengukur kemampuan dengan mengerjakan soal Simulasi CAT resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Cara Pendaftaran Simulasi CAT BKN Online 2020, Resmi !

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS CAT BKN – Sumber : bkn.go.id

Pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ada tiga bidang tes yang akan diujikan dalam seleksi CPNS yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki nilai ambang batas (passing grade) yang harus dilampaui untuk bisa lulus tes CPNS, yaitu 65 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 126 untuk TKP. Nilai passing grade ini lebih rendah dari tahun sebelumnya.

3# Teliti dan Atur Waktu Dengan Baik Pada Saat Tes CPNS

“Kerjakanlah soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Lompati soal yang dianggap sulit dan menyita banyak waktu, tapi nanti tetap diisi jika tidak ada sistem pengurangan nilai”.

Intinya pada pelaksanaan tes fokus ke target agar lulus nilai ambang batas (passing grade) bidang tes. Karena walaupun perolehan nilai SKD cukup besar, namun salah satu bidang tes tidak memenuhi nilai ambang batas (passing grade) Anda tetap tidak lolos.

a. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sistem tata negara Indonesia, sampai sejarah perjuangan bangsa. Jika di sekolah TWK ini mirip seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Selain itu, ikuti perkembangan berita terbaru seputar ketatanegaraan dan pemerintahan. Perlu di ingat juga, dalam TWK jangan sampai terkecoh dengan rumor ‘pilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban’.

b. TIU (Tes Intelegensia Umum)

Pada TIU prioritaskan menjawab pertanyaan yang menurut Anda gampang terlebih dulu. Misalnya, Anda lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa Anda jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal.

Atau, Anda dapat mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

c. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Untuk soal TKP, Anda baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, Anda juga harus jujur dalam menjawab soal, karena soal dan jawaban pada TKP bisa mencerminkan siapa dirimu. Soal TKP juga dapat dipelajari melalui buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip setiap tahunnya.

4# Siapkan Mental dan Doa Restu Orang Tua

Mempersiapkan mental memang penting dalam menghadapai tes apalagi yang melibatkan persaingan cukup ketat, karena mental akan mempengaruhi konsentrasi. Selain itu juga, banyaklah berdoa dan meminta restu orang tua sebelum mengikuti tes SKD. Hal ini, cukup berpengaruh ke psikologis dan konsentrasi saat mengerjakan soal.

5# Jika Gagal, Jadikan Pangalaman

Jika seandainya gagal, Anda tidak perlu berkecil hati. Semua yang telah Anda persiapkan dan lakukan untuk seleksi tes CPNS tahun ini, dapat Anda simpan dan dipakai lagi untuk seleksi CPNS tahun berikutnya.

Itulah tips lulus seleksi CPNS yang bisa Anda terapkan. Semoga Anda bisa lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang Anda inginkan.

Ade Roni Information Technology Enthusiast, akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang teknologi, programming dan blogging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *